WpMag

Senin, 28 Desember 2015

DIGITAL CLASS MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN


Keterangan : Pelatihan Digital Class di SMK Putra Wilis
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) meruapakan kebijakan negara-negara Asean untuk melakukan kegiatan ekonomi secara terintegrasi dan bebas. Kebijakan tersebut nantinya akan mempermudah arus perdagangan antar negara di ASEAN. Setiap barang maupun jasa yang masuk antar negara nantinya tidak dikenakan tarif pajak. Kebijakan tersebut memberikan peluang sekaligus tantangan yang berat. Peluang yang besar yaitu ketika kita dapat memasarkan produk yang kita miliki ke seluruh negara ASEAN sehingga menambah devisa negara, peningkatan ekonomi masyarakat serta pengurangan angka pengangguran.  Tantangan sekaligus hambatan adalah ketika produk yang kita miliki berkualitas rendah dan sulit untuk memasarkannya. Akibatnya Indonesia nantinya akan dibanjiri oleh produk-produk luar negeri.

Dalam menghhadapi kebijkan tersebut, salah satu cara adalah peningkatan SDM masyarakat sehingga dapat bersaing di tingkat ASEAN. Bentuk peningkatan SDM yang dilakukan oleh SMK Putra Wilis adalah memberikan berbagai pelatihan dalam bidang IT, produksi, sampai dengan pemasaran.

Keterangan : Kode Group mata pelajaran

Pelatihan di bidang IT salah satu contohnya adalah membuat Web/ Blog. Fungsi dari pembuatan Web/Blog ini nantinya sebagai wadah (Lapak) untuk memasarkan produk yang dimiliki oleh SMK Putra Wilis. Web/ Blog ini nantinya untuk memperluas pasar di dunia maya. Seperti kita ketahui, perkembangan teknolog telah membuat masyarakat kita membutuhkan berbagai produk dengan cepat dan kualitas terbaik. Maka pemasaran lewat Web/ Blog nantinya akan sangat membantu.

Pelatihan dibidang IT lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Edmodo. Edmodo ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Nantinya dalam aplikasi tersebut orang tua murid juga dapat memantau perkembangan putra/putrinya di sekolah. Tidak hanya itu, pembelajaran lewat online ini nantinya akan mempermudah dan memperceppat kegiatan belajar. Selain itu pembelajaran online ini juga mengurangi penggunaan kertas yang notabene berbahan dasar kayu. Seperti kita ketahui, saat ini perkembangan pohon tidak sebanding dengan produksi kertas. Maka dari itu untuk mengurangi penggunaan kertas, alangkah baiknya penerapan proses belajar mengajar melalui online.


Semoga berbagai kegiatan yang dilakukan oleh SMK Putra Wilis menjadi model pembelajaran baru untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar