WpMag

Kamis, 27 Juni 2013

MANUSIA DAN KARAKTERNYA


MANUSIA DAN KARAKTERNYA 


Manusia merupakan mahkluk yang unik. Dari masingmasing orang tak ada satupun yang memiliki kesamaan baik fisik maupun karakter. Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda dan telah tertanam dalam dirinya masing—masing. Menguak dan mempelajari karakter manusia adalah hal yang sulit dan membutuhkan waktu. Begitu juga memahami setiap tingkahlaku dan sikapnya terhadapa kita merupakan proses yang panjang.

Mungkin kita sering dihadapakan pada sikap orang disekitar kita yang aneh dan kadang menggelitik bagi kita. atau mungkin kita dihadapkan pada karate orang yang membuat kita naik pitam atau bahkan menyujukkan diri kita. bagaimana kita menyikapi setiap manusia yang memiliki karakter berbeda dari satu dengan yang lain agar kita dapat berkomunikasi dengan nyaman tanpa ada beban. Disini kita memerlukan tahapan belajar memahami orang lain. kita belajar bagaimana kita bersikap dan menyikapi orang lain.

Penulis pun menyadari bahwa tidak mudah memahami dan menyikapi setiap manusia yang hadir dalam hidup kita. kita mesti sabar dan mencoba belajar dari setiap kejadian yang bersentuhan dengan orang-orang didekat kita. kita pelajari karakternya mulai dari kebiasaan makan, kebiasaan bicara bahkan munkin dapat lebih detail lagi sampai kebiasaan tidur. Melalui pembelajaran tersebut kita dapa sedikit demi sedikit memahami orang-orang disekitar kita.

Pemahaman kita terhadap orang lain mungkin sulit untuk mencapai titik terdalamnya. Maka dari itu diperlukan sikap keikhlasan kita untuk menerima setiap sikap yang berbeda dari orang lain. kita membutuhkan “ati seng legewo, nerimo” sehingga kita tidak disibukkan dengan berbagai permasalahan yang bisa timbul dari gesekan dengan orang-orang disekitar kita.


Kesimpulan yang dapat diambil dari setiap interaksi yang kita lakukan adalah bagaimana kita menumbuhkan sifat legowo, nerima lan pengerten. Mungkin tiga sifat tersebut nantinya yang dapat menjadi tameng dari gesekan yang mungkin akan kita alami dengan orang lain. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar