WpMag

Senin, 14 Desember 2015

REFLEKSI AKHIR TAHUN

REFLEKSI AKHIR TAHUN

Tahun 2015 telah berada di penghujung. Selama hampir satu tahun ini banyak resolusi  yang telah kita buat. Target selama satu tahun yang lalu sudah tercapai apa belum?. Mungkin ada yang sudah, mungkin juga belum. Yang pasti usaha kita selama satu tahun ini sudah selayaknya kita syukuri. Karena tak ada manusia yang sempurna, pada akhirnya tetap ada berbagai target yang belum terpenuhi.

Ada beberapa target yang harus saya selesaikan ditahun 2015. Namun yang terjadi sampai di penghujung tahun belum tersentuh sama sekali. Hal yang unik, ada mimpi yang tak masuk dalam daftar target malah dapat saya kerjakan.

Seperti contoh setahun yang lalu, saya ingin merintis budidaya ikan gurame. Apalah daya, adanya beberapa kendala di tengah jalan akhirnya gulung tikar. Menghadapi masa terpuruk, saya pun memutuskan untuk menjalani rutinitas sebagai petani. Alhamdulillah pada musim termbakau, hasilnya lumayan bagus. Panen tembakau kali ini dapat dimanfaatkan untuk menutup usaha budidaya ikan gurame sebelumnya.

Kita perlu untuk melakukan refleksi diri di penghujung tahun ini. Mencoba berjalan mundur dalam hitungan bulan, hari, atau bahkan jam sekalipun. Mencoba mengarungi apa saja yang pernah kita lakukan selama satu tahun ini. Memejamkan mata, sembari meraba setiap perjalanan yang kita lalui selama satu tahun.

Mengambil pelajaan terhadap peristiwa di masa lalu adalah salah satu cara terbaik untuk menjalani kehidupan hari esok. Menatapya dengan penuh harap. Dalam setiap asa yang masih tertanam kuat pada diri. Pantang menyerah, terus berjalan sebagai semangat dalam menjalani hidup. Rapalan doa dan tawakal adalah sandaran hati yang penuh kegelisahan. Hati yang butuh tempat untuk sekedar istirahat sebentar.

 Dan pada akhirnya, kita mulai sadar. Bahwa hidup harus terus berjalan. Entah sebarapa berat kehidupan kita kemarin, yang pasti hari esok masih terbuka lebar dan jalan masih terang untuk di tuju.


2 komentar: