WpMag

Sabtu, 05 Februari 2011

masyarakat sungai song

Sungai song merupakan sungai yang sangat penting bagi masyarakat Tulungagung. Hal ini dikarenakan sungai Song merupakan jalur air dari sungai Brantas menuju pantai Selatan. Jika air dari Sungai Brantas mengalir ke utara mungkin Tulungagung akan selalu terendam air. Seperti ketika tahun 80' an air di Sungai Song mengalir ke utara mengakibatkan beberapa wilayah di Tulungagung mengalami banjir. Diantara wilayah-wliayah yang terkena dampak arus air ke utara adalah kec kota,boyolangu, dan campur darat.
Ketika musim penghujan tiba peran sungai Song selain mengalirkan air ke pantai selatan juga sebagai tempat masyarakat mencari penghidupan. Banyak masyarakat di sepanjang sungai Song beralih profesi untuk mencari ikan. Karena kondisi alam yang tak memihak membuat para petani yang tinggal di daerah sungai Song mencoba unntuk merubah kegiatannya. Kebanyakan mereka mencari ikan bukan untuk dijual namun sebagai lauk bagi keluarganya. Banyak cara yang digunakan masyarakat dalam menangkap ikan di sungai, ada yang menggunakan jarring, pancing, dan bubu. Alat tangkap mereka sesuaikan dengan keadaan sungai. Mayoritas masyarakat menggunakan jarring untuk menangkap ikan. Jarring yang di gunakan juga beraneka ragam, ada jarring lempar,gill net, dan anco (jw:jebak). Banyak anco menancap di sepanjang sungai Song menambah ke uinikan tersendiri. Anco-anco ini bersifat permanen sehingga tidak dapat di pindah-pindah. Ikan yang biasa terperangkapoleh anco ini adalah ikan wader, betek, garingan,dll. Anco-anco yang tertancap di sepanjang sungai Song dilengkapi dengan tempat berteduh. Ini memudahkan masyrakat dan memberikan kenyamanan dalam menanngkap ikan.
Di samping masyrakat yang mencari ikan untuk konsumsi ada juga masyrakat yang mencari ikan untuk pakan ternak. Biasanya mereka mencari ikan pada sore hari, mungkin ini untuk mengisi hari luang mereka. Mereka menangkap ikan dengan menggunakan jaring lempar. Ikan yang biasa untuk makanan ternak adalah ikan cakar lumut (sapu-sapu). Ikan ini sering muncul ke permukaan, namun sebenarnya habitatnya adalah di dasar perairan. Hal ini dapat dilihatdari bentuk mulutnya yang menghadap ke bawah.ikan-ikan yang di dapat di gunaklan untuk memberi makan bebek atau hewan ternak yang lain.
Pada dasarnya sungai Song telah memberikan berkah tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Banyak manfaat yang di ambil dengan adanya sungai Song ini. Mungkin saatnya masyarakat juga berperan dalam menjaga sungai Song. Dengan tidak membuang sampah di sungai Song adalah salah satu caranya. Agar kehidupan biota di dalam sungai Song tetap lestari, sehingga dapat di manfaatkan oleh generasi penerus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar