WpMag

Sabtu, 04 Juli 2015

SMK PUTRA WILIS DAN TANTANGAN MEA


SMK PUTRA WILIS DAN TANTANGAN MEA




Gunung Wilis merupakan salah satu gunung tidak aktif yang ada di Tulungagung. Di puncak gunung Wilis terdapat sebuah SMK yang telah dibuka sekitar satu tahun lalu. SMK Putra Wilis merupakan SMK yang dirintis untuk mencetak entrepreneure yang siap dalam persaingan pasar global. Apalagi, ditahun 2015 telah dibukanya kebijakan antar negara ASEAN yang disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Masyarakat Ekonomi ASEAN memberikan keleluasaan setiap negara untuk melakukan perdagangan ekonomi secara menyeluruh dalam lingkup ASEAN. Artinya setiap negara bebas menjual produknya ke berbagai negara anggota ASEAN. Maka dari itu, persaingan produk akan sangat ketat mengingat semua negara akan berlomba-lomba untuk memasarkan produknya secara maksimal.

Sumber gambar : Facebook Nurazizah Ekafitria Permatasariaga

SMK Putra Wilis, mencoba menjawab tantangan pemerintah dengan membuka jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Petanian. Para siswa dididik untuk menjadi entrepreneure yang siap bersaing di pasar bebas. Menciptakan inovasi produk pertanian sehingga akan meningkatkan nilai tambah. Berbagai produk yang telah dihasilkan oleh siswa SMK Putra Wilis meliputi, dodol susu, dendeng daun singkong, dll. Produk-produk tersebut harapannya akan dapat masuk di pasar domestik sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, produk-produk tersebut diharapkan akan dapat menembus pasar ASEAN.


Sumber gambar : Facebook Nurazizah Ekafitria Permatasariaga

Selain mengadakan kegiatan belajar mengajar secara formal, SMK Putra Wilis juga memberikan keleluasan siswanya untuk berkreasi dalam berbagai bidang seperti kegiatan reog, jaranan, olahraga, dll. Mereka diajarkan untuk menggali potensi yang dimiliki masing-masing siswa. Potensi yang telah tergali akan bermanfaat untuk menambah kepercayaan diri dalam menghadapi masa depan.

Sumber gambar : Facebook Nurazizah Ekafitria Permatasariaga

SMK Putra Wilis sebagai salah satu SMK di puncak gunung mencoba menjawab permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Sumberdaya masyarakat yang belum maksimal adalah salah satu permasalah yang harus dihadapi. SMK Putra Wilis mengadakan berbagai kegiatan religius seperti tadarus, ngaji kitab kuning, dll.
Sumber gambar : Facebook Toyib Ahmad

Peningkatan confidence siswa juga digali dengan dibukanya Warung Gunung. Warung Gunung merupakan salah satu icon kuliner yang ada di Gunung Wilis. Warung Gunung dikelola oleh siswa SMK Putra Wilis untuk menyediakan berbagai menu makanan  khas Gunung. Selain mengaplikasikan ilmu yang didapat dari bangku sekolah para siswa diajak untuk percaya diri dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Keuntungan dari Warung Gunung 100% digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di SMK Putra Wilis.

SMK Putra Wilis sebagai salah satu lembaga pendidikan diharapkan akan mencetak entrepreneure yang religius dan siap bersaing di pasar global.

Wilis, 3 Juli 2015


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar