WpMag

Kamis, 17 November 2011

POSTULAT RIVER


POSTULAT RIVER
Postulat River merupakan suatu diagnose yang digunakan untuk mengetahui  virus yang menyerang suatu organisme. Postulat ini pertama kali ditemukan oleh River. Penemuan postulat River diawali adanya penemuan filtrat bebas bakteri oleh Iwanowsky. Iwanowsky menemukan bahwa filtrat bebas bakteri -(cairan yang telah disaring dengan saringan bakteri)- dari ekstrak tanaman tembakau yang terkena penyakit mozaik, ternyata masih tetap dapat menimbulkan infeksi pada tanaman tembakau yang sehat. Dari kenyataan ini kemudian diketahui adanya jasad hidup yang mempunyai ukuran jauh lebih kecil dari bakteri (submikroskopik) karena dapat melalui saringan bakteri, yaitu dikenal sebagai virus. 
Dalam Postulat River berbunyi bahwa agen virus harus: 1) ditemukan dalam cairan tubuh sewaktu sakit atau dari sel yang menunjukkan lesio spesifik; 2) diperoleh dari hewan terinfeksi dapat menginfeksi hewan percobaan dalam bentuk antibodi terhadap virus tertentu; dan 3) yang diisolasi dari hewan percobaan harus dapat ditularkan ke hewan peka lainnya.

Untuk membuktikan penyakit yang disebabkan oleh virus, dapat digunakan
postulat River (1937), yaitu: 
1. Virus harus berada di dalam sel inang. 
2. Filtrat bahan yang terinfeksi tidak mengandung bakteri atau mikroba lain yang dapat ditumbuhkan di dalam      media buatan. 
3. Filtrat dapat menimbulkan penyakit pada jasad yang peka. 
4. Filtrat yang sama yang berasal dari hospes peka tersebut harus dapat menimbulkan 
kembali penyakit yang sama. 



Aplikasi uji Postulat River dalam dunia perikanan hampir sama dengan uji postulat Koch. Pertama ikan yang terserang penyakit di pisahkan dan kemudian diambil bagian organ tertentu yang dirasa terjangkit penyait. Organ tersebut dicampur dengan PBS dengan perbandingan 1:9 kemudian digerus. Suspensi yang didapat disentrifuge dan diambil supernatannya. Supernatant disaring dengan diameter saringan 0,22 mikro meter. Hasil penyaringan ini disuntikkan pada ikan yang sehat. Setiap hari ikan yang telah di suntik oleh virus tersebut diberi pakan dan diamati tingkah laku serta penampakan luar. Jika ada ciri-ciri bagian luar tubuh ikan seperti ikan yang terserang virus tersebut. Maka dapat dikatakan postulat river dapat diterima. Namun sebaiknnya diuji lagi dengan prosedur ulang bagian organ tertentu. Agar dalam penyimpulan penyebab penyaikit lebih meyakinkan.
Beberapa virus yang sering menyerang ikan dan dapat diuji dengan postulat River meliputi Koi Herpes Virus (KHV), Herpes Virus Salmonis (HPV), Infection pancreatic necrosis virus (IPNV), Viral Haemorrahagic Secticaemia Virus (VHSV), dll.

Sumber :
Anonim. 2011. Postulat Koch dan   Postulat River.        http://Bamboekuning.wordpress.com/2011/01/02/postulat koch dan postulat river/
Anonym .2009. Sejarah Mikrobiologi. http://wrghar.blogspot.com/2009/11/sejarah-mikrobiologi.html sejarah mikrobiologi


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar