WpMag

Selasa, 04 Desember 2012

SABAR


 SABAR


Kadang kita harus banyak-banyak bersabar menghadapi setiap masalah di depan kita. Kita sering mengatakan dan bahkan aku dulu mengatakan bahwa kesabaran itu ada batasnya. Ternyata asumsiku itu keliru besar, sabar itu ternyata tidak ada batasnya. Hanya kita saja yang membatasinya. Kenapa kita membatasinya?. Itulah manusia, merasa tak kuat menghadapi permasalahan yang merintanginya.

Barag kali dengan sabar itu kita bisa lebih menata hati kita. Dengan sabar itu pula kita dapat membersihkan hati kita. Dengan sabar pula kita bisa menyikapi setiap orang dan permasalahan disekitar kita. Sabar jugalah yang dapat mengantarkan kita lebih dekat dengan Nya.

Kita harus sabar dengan segala hal, segala bentuk dan segala apa yang kita hadapi. Sabar dalam menghadapi masalah maupun sabar dalam taat. Dengan begitu kita lambat laun dapat menaiki setiap maqom hati kita.


JANGANLAH KERANA KELAMBATAN MASA PEMBERIAN TUHAN KEPADA KAMU,
PADAHAL KAMU TELAH BERSUNGGUH-SUNGGUH BERDOA, MEMBUAT KAMU
BERPUTUS ASA, SEBAB ALLAH MENJAMIN UNTUK MENERIMA SEMUA DOA,
MENURUT APA YANG DIPILIH-NYA UNTUK KAMU, TIDAK MENURUT KEHENDAK
KAMU, DAN PADA WAKTU YANG DITENTUKAN-NYA, TIDAK PADA WAKTU YANG
KAMU TENTUKAN.

Diatas saya cuplikkan hikmah ke 6 dari kitab Al Hikam karya Ibn ‘Atha’illah yang mungkin kita sering mengalaminya. Kita sering tidak sabar dalam segala bentuk, bahkan dalam ketaatan sekalipun. Doa yang sering kita panjatkan belum dikabulkan Tuhan, dan kita merasa tidak sabar. Padahal jika kita menyadarinya bahwa Tuhan lebih tahu mengenai diri kita. maka Tuhan memilihkan waktu yang tepat untuk mengabulkan setiap doa-doa kita.

Mungkin Tuhan ingin mengajak kita untuk lebih dekat dengan Nya dengan cara sabar itu. Maka kita sering kali ketika dalam keadaan terhimpit, kita meminta pertolongan pada Tuhan. Dan disitulah kita merasa Tuhan terasa di samping kita. Maka lamanya cobaan ataupun keterkabulan doa itu sebenarnya Tuhan ingin mengajak kita untuk lebih dekat dengan Nya.

Mari belajar sabar... :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar