WpMag

Selasa, 19 Maret 2013

TULUNGAGUNG SENTRA IKAN HIAS


TULUNGAGUNG SENTRA IKAN HIAS


Tulungagung merupakan kabupaten yang terletak di daerah pesisir pantai selatan pulau Jawa. Letak tulungagung sekitar 150km dari ibukota provinsi yaitu Surabaya. Bagi pelaku usaha di bidang perikanan pasti snagat kenal dengan kota Tulungagung. Hal ini dikarenakan Tulungagung merupakan salah satu sentral perikanan khususnya perikanan air tawar. Beberapa komuditas ikan yang dikembangkan oleh masyarakat Tulungagung seperti ikan lele, Gurame, dan ikan hias.

Ikan hias merepakan komuditas unggulan dari kabupaten Tulungagung. Beberapa ikan hias yang laris di pasaran seperti ikan berta (cupang), mas koki, Sumatra, guppy, dll. Saya sendiri pernah berkenjung ke salah satu pembudidaya ikan di daerah bendil jati wetan. Banyak masyarakat yang membudidayakan ikan cupang, Sumatra, mas koki, dll. Banyaknya masyarakat yang membudidayakan ikan ini tidak terlepas dari mudahnya memelihara ikan hias, lahan yang dibutukan relatif sempit, kemudahan mendapatkan pakan, dan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Kemudahan memelihara ikan hias ini tidak terlepas dari kondisi lingkungan yang mendukung. Tidak hanya itu, kebutuhan air yang tidak terlalu banyak dapat dipenuhi dari air sumur. Ikan hias seperti cupang malah tidak membutuhkan banyak air. Yang repenting adalah pemberian pakan. Pergantian air pun cukup minim dilakukan.

Budidaya ikan hias hanya membutuhkan lahan yang sempit. Berbeda dengan budidaya ikan konsumsi yang membutuhkan lahan besar. Budidaya ikan hias dapat dilakukan dipekarangan rumah, ataupun dilahan tegalan. Biasanya lebar kolam tidak lebih dari 5x5 m. namun untuk amsalah luas kolam tergantung ebutuhan.

Khusus ikan hias pada fase benih biasanya membutuhkan pakan alami. Melimpahnya pakan alami berupa cacing sutra di Tulungagung memberikan kemudahan bagi pembudidaya untuk mendapatkan pakan. Beberapa sungai menjadi sumber pakan alami untuk kebutuhan ikan hias.

Keuntungan yang diddapat dari budidaya ikan hias ini lumayan menjanjikan. Hal ini jika dilakukan secara besar dan berkelanjutan. Untuk ikan cupang halfmon biasanya petani menjualnya dengan harga 2 ribu, sedangkan cupang serit 1 ribu. Bayangkan jika petani memelihara ribuan ikan, tinggal mengalikan keuntungannya.

5 komentar:

  1. gan bleh tw lokasi peternak ikan hias di tulungagung untuk PKL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. daerah kec. Boyolangu dan kec. Sumber Gempol
      ds. bendil jati wetan kec. Sumber gempo. disitu banyak pembudidaya ikan hias... kalau boleh tau dari Kampus mana atau SMK mana??? kalau mau ke pembenihannya di daerah Pare Kediri juga banyak....

      Hapus
  2. di kec. Boyolangu dan kec. Sumber Gempol itu apa boleh beli ngecer misal cuma beli bebrapa saja nggk partai besar???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok kalau beli ngecer.....

      Hapus
  3. klu boleh bsa minta C.Person nya nggak?

    BalasHapus