WpMag

Sabtu, 15 Agustus 2015

BERFIKIR JERNIH MENGENAI TEMBAKAU DAN ROKOK

BERFIKIR JERNIH MENGENAI TEMBAKAU DAN ROKOK

Dewasa ini gencar sekali iklan yang menentang rokok. Mulai dari masyarakat biasa, LSM, pemerintah, dan bahkan institusi pendidikan semua berbondong-bondong menentang keberadaan rokok. Mengkampanyekan mengenai bahaya rokok. Kita pastinya sudah mengetahui bahaya rokok mulai penyakit jantung, impotensi sampai gangguan kehamilan. Banyaknya kampanye penentangan rokok ini membuat kita seringkali ikut arus dalam pemikiran mereka. Alangkah baiknya kita mulai berfikir jernih mengenai hal ini.

Pertama, selama ini baik pemerintah maupun masyarakat luas menentang keberadaan rokok dan mengkampanyekan bahaya merokok. Satu hal yang perlu dicatat, sering kali kita lupa bahwa melakukan penentangan dengan cara frontal malah biasa mengakibatkan perlawanan. Alangkah baiknya jika pemerintah maupun masyrakat mulai berfikir untuk melakukan pendekatakan dengan cara memberikan pemahaman mengenai manfaat tembakau khususnya, selain digunakan untuk rokok. Mensosialisasikan kepada para petani di desa-desa mengenai manfaat tembakau selain diolah menjadi rokok akan sangat efektif dan bisa mengurangi konsumsi rokok. Tidak hanya itu, pemerintah diharapkan mampu menjembatani para petani dengan swasta untuk mengolah tembakau menjadi produk yang tidak hanya digunakan untuk rokok namun menjadi produk yang lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Kedua, selama ini mereka yang menentang keberadaan rokok menganggap rokok seolah menjadi barang yang terlarang dan tanpa manfaat sedikitpun. Memang ada benarnya, namun  jika kita berfikir lebih luas sesuatu yang berlebihan akan berbahaya bagi yang mengkonsumsinya. Tidak jauh-jauh makanan pun jika dikonsumsi berlebihan akan berbahaya untuk kesehatan. Seperti contohnya berbagai makanan siap saji yang banyak beredar dipasaran akan sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih. Lantas bagaiman rokok jika dikonsumsi tidak berlebih?.Barangkali ini perlu kajian  dan penelitian lebih dalam.

Terakhir, kita seringkali terbawa arus dengan banyaknya pemberitaan di media. Dan lupa bahwa kita harus berfikir jernih dan luas untuk mengambil sikap dalam setiap pemberitaan yang menyangkut masyarakat luas. Agar kita tak mudah terkecoh dengan isu yang seringkali dihembuskan.


Walaupun rokok berbahaya kita harus berfikir jernih dalam mengambil sikap. Bukankah Tuhan telah menciptakan semua yang ada di bumi ini ada manfaatnya. Mari kita ambil manfaat dari tembakau khususnya dan rokok pada umumnya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar