WpMag

Sabtu, 27 Oktober 2012

GRAFIK SUPPLY AND DEMAND SAAT PANEN IKAN


Robin
BDP/11661

GRAFIK SUPPLY AND DEMAND SAAT PANEN IKAN

Supply             = In Elastis
QPSDDemand          = Elastis


 












Penawaran
            Seorang penjual biasanya mengingankan menjual barangnya dengan harga tinggi, semakin tinggi harga barang maka semakin banyak barang yang dikeluarkan. Pada kondisi ini kenaikan harga ikan tidak berpengaruh banyak terhadap jumlah barang yang ditawarkan. Contohnya harga ikan Rp12000/kg jumlah barang yang ditawarkan 100kg saat harga Rp 15000/kg jumlah barang yang ditawarkan hanya 110kg. Hal ini  dikarenakan jumlah ikan yang juga terbatas saat panen sehingga tidak terlalu banyak yang ditawarkan.

Permintaan   
            Seorang pembeli pastinya meinginginka membeli barang dengan harga yang murah, maka semakin murah harga barang semakin tinggi pula permintaannya. Pada kondisi ini jika harga berubah sedikit saja akan mempengaruhi pemintaan terhadap barang tersebut. Konsumen menilai karena dalam kondisi panen maka jumlah barang yang ada semakin banyak sehingga harga akan turun. Pada saat harga turun itulah permintaan terhadap ikan akan naik melebihi penuunan harga itu sendiri. Semisal harga ikan yang tadinya Rp 20000/kg jumlah permintaan sekitar 100kg pada saat harga ikan Rp 15000/kg maka permintaan bisa mencapai 150kg.

Kondisi setimbang
            Kondisi permintaan dan penawaran ini akan tetap berakibat penurunan harga karena jumlah ikan yang ada di pasaran akan bertambah akibat panen. Tetapi pertambahan jumlah ini akan langsung direspon oleh peminta yang sangat tinggi sementara penjual dengan harga yang turun hanya akan sedikit mengurangi jumlah ikan yang ditawarkan karena kondisi ikan yang sudah dipanen mau tidak mau harus segera dijual. Sehingga pembatasan jumlah penawaranya akan kecil dan diperoleh-lah titik kesetimbangan seperti pada grafik diatas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar