WpMag

Sabtu, 27 Oktober 2012

MANFISH (pterophyllum scalare)


MANFISH
(pterophyllum scalare)

DESKRIPSI
Ikan manfish sering dikenal dengan istilah “Angel Fish” karena bentuknya yang unik. Ikan manfish memiliki bentuk seperti cakram namun sedikit lonjong. Tubuhnya tipis menyerupai laying-layang sehingga masyarakat lokal menyebutnya ikan layar. Terdapat beberapa jenis ikan manfish seperti Diamond (Berlian), Imperial, Marble dan Black-White.

         
Diamond                     Imeperial                          Marble                          Black-white
Bagian ekor terlihat memanjang pada beberapa jenis seperti jenis manfish imperial dan marble. Sedangakan pada jenis diamond dan black-white tidak terlihat memanjang. Sirip punggung dan sirip perut terlihat memanjang.

HABITAT
Habitat asli ikan manfish berasal dari perairan Amazon, Brazil, Columbia dan Peru di wilayah Amerika Selatan. Ikan Manfish hidup di perairan air tawar (pH 6 – 8) yang tenang arus airnya dan punya banyak tanaman air. Suhu air ideal untuk Manfish berkisar 24 – 30 oC. Ukuran ikan Manfish bisa mencapai panjang 7,5 cm (di kepustakaan ada yang menyatakan panjangnya bisa lebih dari 25 cm).
Beberapa pembudidaya meletakkan tanaman air di permuakaan sebagai pelindung ikan dari sinar matahari secara langsung. Air yang digunakan untuk membudidayakan ikan manfish sebaiknya adalah air tanah yang telah diendapkan terlebih dahulu. Pemberian methilen blue diperlukan ketika tempat pemeliharaan pada akuarium, sedangkan jika pada kolam permanen yang berukuran besar biasanya tidak dilakukan.


TINGKAH LAKU
Ikan manfish merupakan perenang cepat sehingga sulit ditangkap jika pada perairan luas. Biasanya ikan manfish berenang secarra bergerombol baik jantan dan betina. Jika di pelihara di akuarium tidak terlihat berenang secara cepat karena luas tempat yang sempit. Ikan manfish yang dipelihara di kolam permanen dengan ukuran besar akan berenang secara bergerombol dan sangat cepat, sehingga untuk melakukan penangkapan biasanya dilakukan pada malam atau pagi hari. Ketika dipelihara di akuarium ikan manfish yang bergerombol cenderung lebih menyukai beraktifitas di pojok-pojok akuarium.

CIRI JANTAN DA BETINA

REPRODUKSI
Sebelum dipijahkan, induk manfish dipelihara secara massal ( jantan dan betina ) terlebih dahulu dalam satu akuarium besar (ukuran 100 x 60 x 60 cm3). Betina yang siap bertelur, kelihatan gendut pada perutnya dan dikelamin terlihat menonjol keluar. Setelah telur matang dan masuk waktunya kawin, mereka mencari pasangan yang cocok. Induk manfish yang akan kawin selalu berpasangan, berenang berdampingan dan memisahkan dari ikan lainnya.  Induk yang berpasangan tersebut sudah dapat diambil dan dipijahkan pada tempat pemijahan.
Pemijahan dilakukan di akuarium berukuran 60 x 50 x 40 cm3 dengan tinggi air 30 – 40 cm. Selanjutnya beri tambahan oksigen dengan menggunakan pompa udara. Akuarium juga perlu diberi aerasi untuk menyuplai oksigen. Ikan manfish akan menempelkan telurnya pada substrat yang halus, misalnya pakai kaca yang di taruh dalam akuarium secara miring, ada juga pakai batang kayu, keramik lantai, cone yang dijual di toko akuarium, atau yang lazim dipakai para peternak adalah potongan pipa PVC yang telah disiapkan/ditempatkan dalam akuarium pemijahan. 
Setelah induk memijah, penetasan telur dapat segera dilakukan. Penetasan telur ada beberapa cara:
  • Substrat yang telah ditempeli telur diangkat, untuk dipindahkan kedalam aquarium penetasan. Pada waktu mengangkat substrat diusahakan agar telur senantiasa terendam air, untuk itu dapat digunakan baskom atau wadah lain yang dimasukkan ke tempat pemijahan
  • Cara kedua yaitu telur ditetaskan dalam tempat pemijahan. Setelah menetas (2 ~ 3 hari) benih yang masih menempel pada substrat dapat dipindahkan ke aquarium. Pemindahan benih dilakukan dengan cara yang sama
Setelah berumur ± 2 minggu, benih tersebut dapat dilakukan penjarangan untuk kemudian dilakukan pendederan sampai ikan berumur satu bulan.mLangkah berikutnya adalah memanen benih tersebut, untuk dipindahkan ke dalam bak / wadah pembesaran. 





2 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan ZEAXANTINE untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  2. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan ZEAXANTINE untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus