WpMag

Selasa, 20 Oktober 2015

BERSIH KAMPUNG

BERSIH KAMPUNG

Minggu pagi udara kampung Kalituri masih segar. Hanya sedikit kendaraan yang melintas jalan kampung. Sementara, suara burung mulai memainkan ritmenya. Beberapa pemuda tengah berkumpul di salah satu rumah warga. Mereka telah merencanakan untuk melakukan kerja bakti bersih kampung.

Kerja bakti bersih kampung merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh pemuda Kalituri setiap 2 minggu sekali. Tepatnya yaitu di awal dan tengah bulan. Tujuan diadakan bersih kampung yaitu pertama untuk menjadikan kampung Kalituri bersih. Jika suatu kampung bersih maka nantinya berbagai penyakit yang berkembangbiak di lingkungan kotor akan berkurang. Kedua, untuk menumbuhkan kesadaraan masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat. Ketiga, menjalin kerukunan dan kekompakan antar pemuda kampung.


Keterangan : Para pemuda Kalituri tengah sibuk bersih kampung

Kegiatan bersih kampung dimulai pukul 06.30 di bagian timur. Para pemuda Kalituri telah siap dengan alat kebersihan yang telah dibawa mulai dari sapu, sabit (arit), cangkul, dll. Pinggir jalan dibersihkan bahkan sampai halaman rumah warga. Tidak hanya itu, karena musim kemarau juga dilakukan penyiraman jalan. Tujuannya untuk mengurangi debu yang berterbangan dan mengganggu warga yang beraktifitas.

Setelah melewati beberapa rumah, akhirnya salah seorang warga memberikan apresiasi yang bagus. Tidak hanya apresiasi berupan ucapan namun juga memberikan makanan dan minuman. Hal ini membuat para pemuda lebih giat.Akhirnya hampir setiap rumah memberikan apresiasi dan makanan ringan. Ternyata apa yang dilakukan oleh para pemuda Kalituri merupakan tindakan positif dan sangat bermanfaat.


Keterangan : Istirahat sambil menikmati snack di sela-sela bersih kampung

Perubahan tidak harus menunggu pemerintah, namun dapat dilakukan dengan sukarela dan dari hati nurani kita.

Tidak perlu muluk-muluk mengharapkan perubahan yang besar, namun cukup melakukan tindakan kecil yang nyata.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar