WpMag

Kamis, 15 Oktober 2015

PERAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT DESA

PERAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT DESA


Desa meruapakan wujud kecil dari negara. Desa memiliki komponen meliputi perangkat desa (pemerintah desa) dan masyarakat. Pemerintah desa merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat yang diharapakan mampu merealisasikan program kerja. Berbagai program pemerintah pusat meliputi pembangunan infrastruktur, pengentasan kemiskinan maupun peningkatan mutu pendidikan diharapakan akan terwujud dengan adanya pemerintah desa.

Kemajuan zaman membawa dampak positif maupun negatif dalam lingkup desa. Dampak positif dapat terlihat dengan infrastruktur dan tingkat pedidikan yang baik. Walaupun demikian ada beberapa dampak negatif seperti pudarnya budaya gotong royong dan gesekan yang sering terjadi antar warga.
Pemuda merupakan salah satu komponen dari sebuah masyarakat desa. Peran pemuda sangat strategis dalam menjawab berbagai persoalan yang tengah dihadapi oleh desa. Pemikiran pemuda diharapankan mampu memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Maka pemuda sudah selaknya ikut andil dalam mensukseskan berbagai program pemerintah desa.

Banyak hal yag dapat dilakukan oleh pemuda. Mulai dari penyaluran ide serta gagasan untuk pebangunan desa, peningkatan kebersihan lingkungan dan peningkatan mutu pendidikan. Pemuda biasanya memiliki ide dan gagasan yang bagus untuk kemajuan desa. Namun kendala yang sering terjadi adalah mereka tidak mampu untuk menyampaikannya. Akhirnya ide itu hanya mengendap di kepala. Maka, sudah selayaknya pemerintah desa dan masyarakat khususnya pemuda duduk bersama untuk musyawarah dalam pembangunan desa.

Selama ini kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab pribadi masyarakat. Banyak kita jumpai fasilitas-fasilitas umum yang tidak terawat dengan baik. Maka dari itu, kita perlu menumbuhkan cinta kebersihan pada masyarakat. Selain itu, perlu diadakan kegiatan bersih fasilitas umum sebagai wujud cinta lingkungan. Tidak perlu menunggu instruksi dari pemerintah desa, sebenarnya kita mampu untuk melakukannya. Walaupun kegiatan kecil, namun jika dilakukan secara kontinue akan memberikan damapak yang besar bagi desa.

Peningkatan mutu pendidiakan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah pendirian taman bacaan masyarakat. Tujuannya ada memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengakses berbagai ilmu demi meningkatkan intelegensi. Pendirian taman bacaan ini juga sebagai tempat diskusi masyarakat serta untuk ajang silaturahmi.


Berbagai kegiatan ini jika dapat terealisasi dengan baik akan menciptakan suatu perubahan untuk kemajuan masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar