WpMag

Selasa, 13 Oktober 2015

MENCARI SOSOK PEMIMPIN DESA

MENCARI SOSOK PEMIMPIN DESA

Gegap gempita pemilihan kepala desa di depan mata. Perangkat desa dan masyarakat menyambut dengan seksama. Di sudut-sudut kampung, di gang jalan, di toko pracangan dan di warung-warung mulai membicarakan tentang pemilihan kepala desa. Mengenai pribadi masing-masing calon, visi-misi, dan berbagai isu yang berkembang. Sebenarnya bagaimana kita sebagai warga menyikapi pemilihan kepala desa.

Pemimpin adalah ujung tobak suatu orgaisasi baik pemerintahan maupun komunitas. Segala bentuk kebijakan dari pusat akan dapat terealisasi dengan maksimal jika seorang pemimpin mampu menerjemahkannya dengan baik. Lantas bagaimanakah pemimpin yang baik dan dapat membawa perubahan.\

Pemimpin harus memiliki visi dan misi yang jelas. Program kerja yang realistis dan mampu direalisasikan dalam pemerintahannya. Namun, tidak  hanya program kerja yang jelas, juga diperlukan leadership yang mumpuni guna mengeksekusi berbagai program tersebut. Banyak pemimpin yang memiliki berbagai program yang bagus untuk kemajuan suatu desa namun kesulitan dalam merealisasikannya. Maka, seorang pemimpin yang baik adalah yang mampu memberikan ide dan gagasannya dan mampu menerjemahkannya dalam tindakan yang nyata.

Dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki jiwa peka. Maksudnya, seorang pemimpin harus peka dalam berbagai kondisi yang tengah dihadapi oleh masyarakat. Banyak sekali pemimpin yang hebat, namun kurang peka dengan kondisi masyarakat. Seperti contoh pemimpin yang mampu membangun berbagai fasilitas umum seperti jalan maupun tempat ibadah namun kurang peka dengan kondisi ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat.

Banyak sekali pemimpin yang mampu membuat suatu ide dan gagasan yang bagus namun tidak dapat merealisasikannya. Maka dari itu, sebelum memilih seorang pemimpin, mari kita lihat rekam jejak pribadi dan keluarganya, kontribusi terhadap masyarakat, dan kepekaan terhadap kondisi lingkungan.


Sudah tepatkah pilihan kita selama ini?.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar