WpMag

Selasa, 05 Juni 2012

SEANDAINYA SAYA JADI CEO PT BAKRIE AND BROTHER Tbk


 SEANDAINYA SAYA JADI CEO PT BAKRIE AND BROTHER Tbk


A.    Profil Perusahaan
Pastinya kita sebagai orang Indonesia telah tahu PT Backrie and Brother Tbk. Suatu perusahaan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan perekonomian Indonesia saat ini. PT Bakrie and brother Tbk berdiri sejak tahun 1942. PT Bakrie & Brothers Tbk (“BNBR” atau “Perseroan”) didirikan tahun 1942 oleh almarhum Achmad Bakrie dengan kantor berkedudukan di Jakarta. Perseroan adalah salah satu kelompok bisnis tertua dan paling berpengalaman di Indonesia dan merupakan perusahaan investasi terkemuka di Indonesia. Perseroan mencatatkan diri di Bursa Efek Jakarta (sekarang menjadi Bursa Efek Indonesia) pada tahun 1989 dan pada 30 Desember 2009 memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 8 triliun1. Dalam 30 Tahun PT Bakrie and Brother Tbk dengan mantap membangun bisnis hingga mencakup industri yang sedemikian terdiversifikasi seperti agribisnis, pertambangan, telekomunikasi, minyak & gas, infrastruktur, real estat dan konstruksi.
PT Bakrie and Brother Tbk memiliki berbagai bidang usaha atau sektor bisnis meliputi Coal (Bumi Resources), Agribusiness (Bakrie Sumatera), Telecom (Bakrie Telecom), Oil & Gas (Enegeri Mega Persada), Property (Bakrieland), Metal (Bakrie Metal), dan Infrastructure (Bakrie Indo Infrastructure) 2. PT Bakrie and Brother Tbk yang bergerak dalam berbagai bidang ini sangat penting dalam pembangunan nasional.



B.     Analisis SWOT
            Analisis SWOT adalah teknik dalam membedah kasus bisnis sebagai berikut 3 :
a. Strength (kekuatan)
b. Weakness (kelemahan)
c. Opportunity (kesempatan/peluang)
d. Threat (ancaman)
Analisis SWOT digunakan untuk mencari keuntungan dan memperbaiki situasi. Mencari keuntungan dilakukan dengan ekspansi, memperbaiki situasi dengan menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Dampak dengan dilakukannya SWOT analisis adanya kesimpulan dasar (basic conclusions).


http://stuyfun.wordpress.com/2010/07/24/analisis-swot/
Maka dari itu jika saya diberi amanah untuk menjadi Chief Executif Officer (CEO) PT Bakrie and Brother Tbk, saya akan melakukan analasis SWOT dalam setiap kebijakan yang akan saya ambil. Disini saya akan mencoba memetakan analisis SWOT PT Bakrie and Brother Tbk dalam menghadapi tantangan dimasa yang akan datang.
a.    Strength (kekuatan)
Setiap perusahaan pastilah memiliki kekuatan dalam mempertahankan dan mencoba mengembangkan perusahaannya. PT Bakrie and Broter Tbk merupakan perusahaan yang sangat besar dan berpengaruh dalam perekonomian Indonesia. Pertama, PT Bakrie and Brother Tbk didirikan sejak tahun 1942 dan dirintis dari awal. Maka dari itu sampai saat ini PT Bakrie and Brother Tbk telah berusia 70 tahun dan dapat dikatakan sangat matang dalam bidangnya. Hal inilah yang menjadi kekuatan utama yang dimiliki PT Bakrie and Brother Tbk. Kedua, PT Bakrie and Brother Tbk memiliki lebih dari 40 ahli investasi dan komite investasi yang mencangkup pengembangan bisnis, penilaian, eksekusi dan analisis pendukung. Ketiga, PT Bakrie and Brother Tbk memiliki investasi inti yang menempati posisi pemimpin di Indonesia. dan terkonsentrasi pada industri dan memiliki peran sentral dalam perekonomian Indonesia. Seperti contoh Bakrie Telecom yang merupakan penyedia jasa telekomunikasi kelima di Indonesia berdasarkan pangsa pasar dan Bakrie Sumatra Plantations yang merupakan perkebunan ketiga terbesar di Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar.

b.    Weakness (kelemahan)
Tak ada suatu usaha yang tidak memiliki kelemahan, walaupun kelemahan itu hanya kecil. Maka dari itu saya akan mencoba memetakan beberapa kelemahan yang dimiliki PT Bakrie and Brother Tbk dalam melakukan bisnis agar dijadikan suatu wawasan dalam mengembangkan PT Bakrie and Brother Tbk. Pertama, suatu perusahaan yang bertaraf nasional dan memiliki anak peruhaan yang banyak akan menjadi suatu masalah tersendiri jika tidak dapat mengelola dengan baik. Maka dari itu, ketika suatu perusahaan memiliki anak perusahaan yang banyak akan sangat sulit dalam melakukan komunikasi. Kedua, PT Bakrie and Brother Tbk yang mengembangkan usaha di sektor agribisnis sangat riskan jika tidak dikelola dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam bidang agribisnis sangat dipengaruhi oleh musim, alam dan kebijakan pemerintah 4. Kondisi alam Indonesia yang tidak menentu akhir-akhir ini akan menjadi suatu hambatan tersendiri dalam kegiatan agribisnis. Ketiga, disektor pertambangan dimana akan sangat dipengaruhi oleh kondisi alam. Contoh yang sangat nyata adalah ketika salah satu anak perusahaan Bakrie yaitu PT Lapindo Brantas melakukan pengeboran kilang minyak di Sidoarjo dimana berdampak fatal. Pengeboran mengalami kegagalan ketika terjadi pergeseran konstruksi tanah akibat gempa di Jogja. Maka dari itu saya menyimpulkan bahwasanya beberapa kelemahan pada PT Bakrie and Brother Tbk sangat dipengaruhi oleh adanya pengaruh alam dan kebijakan pemerintah.

c. Opportunity (kesempatan/peluang)
Peluang yag sangat besar dimilik oleh PT Bakrie and Brother Tbk jika dikelola dengan baik, bertanggung jawab (resposbility) dan berkelanjutan (sustainable). Pertama, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumberdaya alam baik dari sumber daya alam yang terbarukan (hasil bumi) maupun yang tidak terbarukan (tambang dan mineral). Potensi sumber daya alam yang besar seperti batu bara dimana Indonesia merupakan eksportir terbesar di dunia, minyak kelapa sawit dimana Indonesia juga merupakan eksportir terbesar didunia dengan produksi lebih dari 19 jutaton pertahun, kakao dimana Indonesia menempati urutan kedua produksi terbesar di dunia, dll (5). Sumber daya alam yang melimpah ini akan menjadi modal besar PT Bakrie and Brother Tbk pada kususnya dan pereokonomian Indonesia pada umumnya. Kedua, Konsekuensi dari akan diimplementasikannya komunitas ekonomi ASEAN dan dibentuknya Asean-China Free Trade Area (ACFTA) mengharuskan Indonesia meningkatkan daya saingnya guna mendapatkan manfaat nyata dari adanya integrasi ekonomi tersebut. Maka dengan adanya kebijakan tersebut akan menjadi peluang dari PT Bakrie and Brother Tbk untuk megembangkan usahanya.

c.    Threat (ancaman)
Ancaman yang muncul dalam kaitannya pengembangan PT Bakrie and Brother Tbk. Pertama, kebijakan pemerintah sangat berpengaruh dalam kegiatan perekonomian khususnya dalam kegiatan agribisnis. Contoh yang sangat nyata di Indonesia sering terjadinya pergantian jabatan memaksa program dan kebijakan yang diambil berganti. Disektor perikanan ketika ditahun 2009 menteri perikanan Dr Fadel Muhammad mengeluarkan kebijakan Minapolitan. Namun ketika pergantian menteri ditahun 2011 kebijakan yang diambil berubah menjadi Industrialisasi perikanan.
Berdasarkan Analisis SWOT yang saya paparkan diatas semoga dapat member gambaran mengenai posisi PT Bakrie and Brother Tbk saat ini. maka selanjutnya kebijakan apa saja yang akan saya ambil ketika kelemahan dan ancaman datang pada perusahaan. Dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang saya akan mencoba memaparkannya.
1.      Indonesia merupakan negara yang rawan sekali dengan bencana khususnya Gempa. Hal ini dikarenakan Indonesia dilewati oleh dua sabuk gunung dunia. Gempa yang terjadi di Jogja yang telah mengakibatkan pergeseran lempeng dan berimbas pada kegagalan pengeboran kilang minyak di Sidoarjo harus dijadikan pelajaran. Saya berpendapat sebaiknya dalam setiap melakukan perencanaan menyertakan konsultan yang professional khususnya dari para akademisi. Hal ini akan meminimalisir kegagalan dan kerugian.
2.      Kagiatan disektor agrobisnis yang tidak menentu dan sangat dipengaruhi oleh kondisi alam harus dijadikan pertimbangan. Maka dari itu diperlukan perencanaan yang baik dan pandangan untuk prediksi kedepan agar usaha yang dilakukan tidak mengalami kerugian. Sekali lagi disini diperlukan konsultan yang memiliki kredibilitas dan professional untuk memetakan setiap peluang yang ada.
3.      Dampak dengan terbukanya pasar ASEAN dan ACFTA akan memberi peluang yang sangat besar. Maka untuk memanfaatkan kebijakan pemerintah tersebut sudah selayaknya PT Bakrie and Brother Tbk lebih meningkatkan kualitas. Tujuannya adalah agar setiap barang yang diproduksi dapat bersaiang dipasar ASEAN dan China.
4.      Diperlukan peningkatan sumberdaya manusia (SDM) agar dapat bersaing dalam pasar global. Dengan adanya Univeritas Bakrie dihaarapakan akan sangat membantu dalam mencetak SDM yang unggul. Selain itu diperlukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan SDM bagi para pekerja.

C.    Kesimpulan
Berdasarkan analisis SWOT yang penulis paparkan semoga dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan di PT Bakrie and Brother Tbk. Dengan melihat berbagai potensi, ancaan, peluang dan kelemahan maka akan sangat membantu dalam memberi gambaran PT Bakrie and Brother Tbk di masa yang akan datang. Harapan yang sangat besar dari penulis adalah semoga saja PT Bakrie and Brother Tbk dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi kesejahteraan rakyat Indonesai sehingga apa yang dicita-citakan oleh negara yaitu menjadi negara yang maju, mandari, dan sejahtera dapat tercapai.

Daftar Bacaan
1.      Aninim. 2009. Laporan Tahunan 2009 PT Bakrie and Brother Tbk

2.      Anonim. Analisis swot. http://stuyfun.wordpress.com/2010/07/24/analisis-swot/

3.      Rengkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. : Jakarta Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama

4.      Gumbira, E. Sa’id. Intan, H . 2001. Manajemen Agribisnis. Ghalia Indonesia. Jakarta

5.      Anonim. 2011. MASTERPLAN PERCEPATAN DAN PERLUASAN PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA (MP3EI) 2011-2025. Jakarta




2 komentar:

  1. analisis yang menarik..
    sukses selalu
    ..

    Salam kenal
    Blogwalking sore hari
    sambil mengundang rekan blogger sekalian
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit
    sukses selalu
    Salam Bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas apresiasinya mas....salam kenal.....mas :D

      Hapus