WpMag

Jumat, 07 November 2014

PERAN PENTING MEDIA

PERAN PENTING MEDIA

http://anticlbk.blogspot.com/2011/12/peranan-media-massa-dalam-masyarakat.html


Media memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan manusia modern. Media dapat berfungsi sebagai alat untuk mengakses berbeagai berita yang tengah terjadi secara actual. Baik media cetak maupun elektronik memiliki nilai positif dan negative. Ada beberapa aspek negative yang ditimbulkan dengan adanhya media yang tak terkendali saat ini. Semua berita seolahh-olah menjadi sebuah fakta akan kebenarannya. Padahal jika ditelusuri lebihh dalam media sering kali memelintirkan fakta yang ada. Beberapa berita yang tengah hangat di siarkan terus menerus. Entah itu fakta yang didukung oleh berbagai bukti atau sering kali ditambahi “bumbu” agar berita terlihat “manis”.

Semakin tak terkendalinya media dalam memberitakan masalah terkini membuat masyarakat harus pandai-pandai dalam memilih dan menyaring setiap berita. Media saat ini disinyalir telah terkontaminasi dengan kepentingan para pemilik modal. Seolah berita bias dibuat asalkan ada uang yang menjadi penggeraknya. Kredibillitas media semakin dipertanyakan saat ini. Kita tahu bahwa ada berbagai media cetak maupun elektronik yang beritanya seringkali berseberangan. Contohnya media TV yang sering kali antara TV A dan TV B saling serang lawan atau bahkan melakukan pembelaan terhadap pemilik modal. Medi TV sangat berpengaruhh dalam  menggiring opini masyarakat. Akibatnya banyak masyarakat yang terpedaya oleh berita yang telah disiarkan.


Sudah saatnya masyarakat dewasa dalam mengambil sikap terhadap gencarnya media dalam menyiarkan berita. Bersikap cermat dalam memilih berita dan membandingkan dengan berita lain adalah salah satu cara agar masyarakat tidak diberdaya olehh media.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar