WpMag

Rabu, 21 November 2012

REVIEW INTERVENSI PEMERINTAH DALAM PENENTUAN HARGA PRODUK PERTANIAN


REVIEW INTERVENSI PEMERINTAH DALAM PENENTUAN HARGA PRODUK PERTANIAN

Produksi pertanian Amerika yang cukup tinggi akan menjadi suatu kekuatan besar dalam pembangunan perekonomian masyarakat. Di Negara manapun, pertanian adalah salah satu mesin penggerak perekonomian. Hal ini dikarenakan sector pertanian sangat penting dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Sector pertanian merupakan kebutuhan primer yang di butuhkan oleh masyarakat. Beberapa produk pertanian Amerika meliputi domba, tembakau, gandum, dll. Seperti contoh, gandum yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat Amerika. Hal ini gandum merupakan salah satu penyuplai karbohidrat untuk tubuh. Maka tidak heran jika pemerintah Amerika sangat serius dalam menangani produk pertanian.
Peran pemerintah Amerika  dalam sektor pertanian tidak dapat dilepaskan. Tujuan pemerintah tersebut seperti pengendalian harga produk pertanian. Produk pertanian yang sangat penting jika tidak dilakukan pengendaliaan harga oleh pemerintah akan sangat berbahaya terhadap perekonomian Amerika. Hal ini karena produk pertanian sangat penting bagi masyarakat Amerika. Contoh pengendalian harga oleh pemerintah adalah jika penawaran produk pertanian tinggi sedangkan permintaan rendah maka akan mengakibatkan turunnya harga produk pertanian di pasaran. Maka peran pemerintah disini adalah dengan melakukan tindakan preventif dengan membeli produk pertanian dari maasyarakat. Harapannya dengan begitu petani tidak dirugikan karena penurunan harga. Pemerintah akan membeli produk petani dengan harga wajar sesuai dengan aturan yang berlaku. Sedangkan jika terjadi kelangkaan barang di pasaran sehingga harga barang naik tajam maka pemerintah akan segera turun untuk menanggulanginya. Harga barang yang naik tinggi ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat sehingga sulit untuk mendapatkan barang. Pemerintah disini akan segera mengeluarkan barang-barang yang telah di beli dari petani ketika harga turun. Maka disini harga produk pertanian di pasaran akan tetap stabil.
Peran pemerintah dalam pengendalian harga pertanian ini juga berkaitan dengan impor. Jika produksi produk pertanian dari petani tidak mencukupi sedangkan pemerintah tidak memiliki simpanan barang untuk mengendalikan harga maka tidak ada pilihan lain kecuali untuk melakukan impor. Hal inilah yang akan menjadi dilema di pemerintah itu sendiri maupun di masyarakat. Ketergantungan impor barang khususnya sektor pertanian akan sangat berbahaya terhadap roda perekonomian masyarakat. Jika ketergantungan impor ini terjadi, sedangkan Negara pengekspor tidak dapat memenuhi kebutuhan Negara nya sendiri maka akan terjadi kelangkaan barang. Tidak hanya itu, suatua saat Negara pengekspor tersebut dapat melakukan embargo barang sehingga, Negara Amerika sendiri yang akan rugi.
Maka tidak ada jalan lain untuk mengendalikan harga produk pertanian selain dengan adanya peran pemerintah. Sistem perekonomian Negara yang neo liberal ataupun liberal pun akan sangat berbahaya jika tidak ada peran aktif untuk mengontrol dari pemerintah. Sehingga dalam suatu sistem ekonomi suatu Negara harus ada peran aktif pemerintah untuk mengontrol kegiatan ekonomi tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar