WpMag

Senin, 05 November 2012

REVIEW UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PEMETAAN


REVIEW UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PEMETAAN

Peraturan pemerintah No 15 tahun 2010 sangat memberi arti penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Peraturan yang telah disusun sedemikian rupa tersebut jika di aplikasikan secara nyata maka akan dapat member perubahan khususnya dalam lingkup ekonomi dan kehidupan social. Adanya peraturan tersebut menjadi landasan dasar dalam pembangunan Indonesia. Aturan-aturan yang mencangkup penataan ruang mulai dari perkotaan, kabupaten, provinsi, sampai daerah psisir akan sangat penting di laksanakan. Seperti penataan daerah perkotaan, mulai dari perumahan, ruang hijau kota, perkantoran, dan pasar jika dilakukan dengan baik akan memperlancar roda perekonomian masyarakat. Tidak hanya itu, keindahan dan ketertiban akan dapat terwujud.
Peraturan pemerintah No 10 tahun 2000 menjadi acuan dasar dalam pemetaan daerah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Isi dari PP tersebut telah memberikan gambaran pada kita mengenai dasar dari pemetaan dan berbagai aspek penting yang terkandung didalamnya. Berbagai bentuk peta telah dijelaskan dalam PP tersebut mulai peta dasar, peta wilayah, dan peta tematik wilayah telah dijelaskan dengan sangat detail mulai dari kegunaan sampai skala dari masing-masing peta. Hal tersebut sangat membantu dalam kegiatan pemetaan suatu wilayah sehingga penting kaitannya dalam pembangunan daerah-daerah Indonesia.
Undang-undang No 4 tahun 2011 menjadi awal berdirinya Geospasial. Geospasial tersebut menjadi pengganti badang barkusoltunal Indoensia. Bedirinya badan Geospasial tersebut menjadi dasar pemetaan Indonesia yang terbaru. Hasil penelitian dari badan Geospasial ini meliputi peta Indonesia terbaru mulai dari peta sumber daya alam, peta tematik, dll. Selain itu ketelitian dalam penentuan skala dalam UU No 4 tahun 2011 ini cukup detail dimana peta rupa bumi memliki skala 1:1000.

Perkembangan  sistem pemetaan di Indonesia kian hari semakin baik. Hal ini sangat penting guna membantu dalam terlaksananya pembangunan yang baik. Adanya pemetaan tersebut sangat penting dalam pembangunan infrastuktur, eksploitasi sumber daya alam, dan penataan ruang. Harapannya dengan adanya pemetaan yang terbaru akan memberikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar