WpMag

Minggu, 27 Maret 2011

Kurang Oksigen, Jutaan Ikan Mati


Jutaan ikan yang mati di AS (Reuters)
Jutaan ikan yang mati di AS (Reuters)
LOS ANGELES – Jutaan ikan kecil ditemukan mati di King Harbor, Redondo Beach, dekat Los Angeles, Amerika Serikat. Menurut pejabat setempat, ikan-ikan ini kemungkinan mati karena kekurangan oksigen di dalam air.


Dalam beberapa hari terakhir, kematian jutaan ikan di pelabuhan menjadi perhatian bagi para ilmuwan dan menimbulkan spekulasi atas penyebabnya. Namun para ilmuwan dari Departemen Perikanan California (CDFG) mengatakan, tes yang dilakukan atas ikan menunjukkan mereka mati karena kekurangan oksigen. 

Menurut para ilmuwan, hembusan angin mencapai 45 meter per jam mendorong kawanan ikan sarden bersama makarel dan ikan kakap putih, berkumpul di pelabuhan dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya, pergerakan air berkurang dan meminimalisasi kadar oksigen. 

Ikan Sarden biasanya bergerak dalam kumpulan raksasa, terkadang disebut bola umpan. Juru bicara CDFG Andrew Hughan mengatakan, para ilmuwan menyakini kumpulan ikan ini tersesat dan salah belok ke perairan di pelabuhan, demikian dilansir Xinhua, Kamis (10/3/2011).

Penelitian awal menunjukkan, tidak ada tanda keracunan alam, seperti domoic acid, yang terkadang membunuh kehidupan biota laut. 

Hughan memastikan, kota Redondo Beach tidak memiliki resiko bahaya kesehatan dan telah melakukan pekerjaan yang baik dalam menangani pembersihan. Walikota Redondo Beach Mike Gin mengatakan pembersihan ikan diperkirakan memakan waktu seminggu dan biaya sekitar USD100.000 atau sekira Rp875,8 juta (Rp8,750 per dolar).
(faj) 
dikutip dari Okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar