WpMag

Minggu, 05 Juni 2011

APA YANG SUDAH KITA LAKUKAN

APA YANG SUDAH KITA LAKUKAN

Udara malam yang dingin terasa ditubuh ini. Hisapan rokok yang melekat disela jari tangan mengurangi rasa dingin yang menyeruap datang. Asap rokok keluar dari mulut dan menyatu dengan udara malam. Sepuntung rokok menemaniku duduk di depan sekre ini. Aku memang jarang main di sekre KMIP, mungkin karena letaknya yang jauh dari jurusan. Setelah lama gak main kesini suasana gak jauh beda dengan yang dulu. Banyak ditemukan kertas-kertas yang gak penting, kotoran berserakan (untung saja bukan kotoran hewan,,,,hehehe).
Sejak pergantian pengurus para penghuninya pun mulai berganti. Dulu di sekre dihuni oleh kakak angkatan sekarang mulai dihuni oleh adik angkatan (kemana saja temen-teman angkatanku, kok gak ada???). Hisapan rokok terus berjalan memasukkan asap kaya karbon ke dalam paru-paru. Mengeluarkan asap penuh dengan kotoran. Mungkin apa yang kulakukan merusak diri sendiri dan bahkan merusak lingkungan, tapi aku tak peduli. Batang rokok mulai tersisa setengah, terlihat dari ujung seseorang datang, ternyata kakak angkatan dan ada alumni. Mereka datang menyambangi sekre dan melihat suasana yang ada. Kami pun terlihat ngobrol dengan enak. Ketika masih berlangsung ngobrol kami pun membahas masalah Fakultas. Isu yang telah lama ada dan bahkan sudah diperjuangkan oleh para alumni dan Dosen. Salah satu alumni bertanya padaku.
Sebenarnya kamu pingin gak, jurusan kita menjadi Fakultas Perikanan?
Ya pingin lah mas,..jawabku
Dia meneruskan pertanyaannya
Lantas apa yang sudah kamu berikan dan kamu lakukan untuk itu???
Aku mulai bingung menjawab pertanyaan ini, aku gelisah,,,,dalam hati kecilku, apa ya yang telah aku lakukan..????kayaknya aku belum melakukan apa-apa...
Sebelum aku memjawab pertanyaan yang dilontarkan kepadaku, dia terus mengeluarkan steatment
Kami menjadi ragu, sebenarnya apa yang kita pikirkan ini, hanya sebatas angan-angan dan sebuah cita-cita yang bingung untuk mewwujudkannya. Kita hanya ingin jurusan ini menjadi Fakultas, namun itu sebatas keinginan tanpa ada upaya dan usaha. Apa ya mungkin itu terjadi. Jika telah menjadi Fakultas, maka apa sebenarnya yang ingin kita lakukan???apa sebenarnya yang ingin kita kerjakan???.
Aku mulai merasa apa yang dikatakan benar. Aku hanya dapat mengamini kata-kata yang dilkeluarkan. Aku malu, aku harus berbuat apa, aku juga bingung harus bagaimana.
Dia pun meneruskan pertanyaannya,
Apa kamu ikut organisasi jurusan (KMIP)?
Ya, mas. Jawab ku dengan nada yang sedikit rendah.
Apa yang telah kamu berikan di organisasi ini???. Apa yang telah teman-teman korbankan untuk organisasi ini???. Beliau terus melanjutkan pembicaraan dengan sedikit guyonan. Sekre KMIP ini kan sepi, apa kamu juga sering kesini. Cobalah untuk sering main kesini, sekedar ngobrol dengan teman-teman dan melepas penat dalam menjalani rutinitas. Mungkin di sinilah kita akan merefreh pikiran kita dan mendapatkan ide yang bagus untuk kemajuan KMIP dan jurusan kita.
KMIP ini kan rumah kedua kita di Jogja setelah kost/kontrakkan, masak dengan rumah sendiri kita jarang pulang. Kemana saja kita menghabiskan waktu selain di kampus???apa di angkringan sambil nongkrong??? Dikost atau kontrakkan sambil nonton TV dan main game ??? Atau jalan tak jelas kesana kemari dengan pacar atau sahabat. Mengapa kamu tak main saja kesini, ditempat ini sekre tercinta kita. Apa sekre ini ada yang kurang untuk tempat kita singgah dan melepas kepenatan setelah sekian beraktifitas???. Memang sekre ini tak dilengkapi komputer ataupun internet. Hanya TV yang ada dan menemani kita. Tapi apa itu yang membuat kita males untuk bermain kesini.???. apa itu yang membuat kita menjadi jarang pulang kesekre tercinta ini????
Kata-kata yang dikeluarkan tadi membuatku harus introspeksi diri. Aku memang bagian dari keluarga di KMIP (keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan). Aku memang jarang main kesini, mungkin karena gak ada temen dan letaknya yang agak jauh dari kampus. Aku mulai sadar dan dalam hati aku ingin disisa kepengurusan tahun ini aku memberikan sesuatu kontribusi yanng lebih dari pada tahun kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar