WpMag

Rabu, 08 Juni 2011

MENANTI SOSOK ROMO MANGUN DI SUNGAI CITARUM

MENANTI SOSOK ROMO MANGUN DI SUNGAI CITARUM

Keadaan sungai Citarum saat ini mungkin hampir sama dengan keadaan sungai Code di Yogyakarta pada tahun 80’ an . Banyak sampah yang menghiasi sungai, kualitas air yang jelek hingga pendangkalan debit sungai. Ketika tahun 80’an sungai Code keadaannya sangat parah. Bantaran sungai dihuni oleh para rakyat kecil. Mereka bukanlah orang yang memiliki banyak uang, kebanyakan mereka adalah para warga yang terhimpit perekonomiannya.
Namun kini sungai Code sangat berbeda dengan keadaannya ditahun 80’an. Kini aliran air terlihat bersih dan tak ada sampah yang menghiasi perairan. Rumah-rumah di pinggiran sungai juga terlihat rapi dan menarik karena dihiasi dengan gambar yang beraneka ragam. Semua ini tak terlepas dari jasa seorang arsitektur yaitu Yusuf Bilyarta Mangunwijaya atau biasa dipanggil Romo Mangun. Berkat jasanya kini sungai code disulap menjadi sungai yang bersih, indah , dan sangat menarik. Beliau sangat berjasa dalam menguah wajah sungai Code hingga seperti saat ini.
Ketika akan dilakukan penggusuran oleh pihak pemerintah karena pemukiman didaerah bantaran sungai Code sangat meresahkan, beliau susah payah membela rakayat kecil. Dengan perjuangan tanpa lelah beliau mengubah kebiasaan masyarakt sungai Code. Selain itu yang terpenting dalam mengubah kebiasaan masyarakat adalah meningkatkan edukasi meraka. Dengan peningkatan pendidikan maka akan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sungai.
Mungkin sosok Romo Mangun diperlukan dalam penangan sunagai Citarum saat ini. Sosok beliau yang selalu membela rakyat kecil harus ditiru dan dipraktikkan dalam kehidupan. Beliau yang dapat mengubah kebiasaan warga dan menumbuhkan kesadaraan rakyat akan pentinnya menjaga  kebersihan sungai sangat diperlukan untuk membangun sungai Citarum saat ini. Kini kita menunggu sosok Romo Mangun di Sungai Citarum.
Siapakah yang dapat menggantikan beliau dan membangun sungai Citarum yang telah parah keadaannya????.Pemerintahkah???? Wargakah????Swastakah????…..atau mungkin kita. Dan bahkan sangat mungkin jika semua komponen ini bergabung dan melebur menjadi satu dengan kekuatan baru untuk mewujudkan sungai Citurum yang lebih baik seperti sungai Code yang berada di Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar