WpMag

Selasa, 28 Juni 2011

MENGIKUTI KULIAH PAK MENTERI

MENGIKUTI KULIAH PAK MENTERI


Senin, 20 juni merupakan kehormatan bagi fakultas pertanian Universitas Gadjah Mada yang menghadirkan menteri kelautan dan perikanan Indonesia. Beliau, Dr.Ir Fadel Muhammad datang untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan para dosen. Kuliah umum Menteri Kelautan dan Perikanan ini merupakan serangkaiaan acara dalam Lustrum Fakultas Pertanian ke XIII. Sebelumnya beliau telah mengisi seminar di pasca sarjana UGM dan sekaligus mengikuti pembukaan sekolah pasca sarjana yang dibuka oleh retor UGM. Seminar yang dilakukan di sekolah Pasca sarjana bertema peningkatan Sumberdaya Manusia didaerah pesisir. Seminar ini dihadiri oleh berbagai mahasiswa lintas fakultas dan para dosen serta diikuti oleh peserta umum. Dari materi yang disampaikan dalam seminar, beliau memparkan berbagai potensi sumberdaya manusia dan pengelolaan yang baik untuk kemajuan Indonesia. Beliau juga memaparkan berbagai fakta dilapangan dan target-target yang akan dicapai dalam program kerjanya. Yang diharapkan dari beliau adalah kerjasama antara berbagai pihak khususnya para mahasiswa maupun dosen dalam mengelola sumberdaya perikanan dan kelautan yang ada.
Siang pukul 13.00 WIB, rombongan kementerian kelautan dan perikanan datang dan memsuki ruang Auditorium Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Rombongan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini disambut tepuk tangan meriah dari para peserta yang ingin mendengarkan kuliah umum bapak menteri. Dari sekian banyak peserta yang memenuhi ruangan, mayoritas adalah mahasiswa dari Jurusan Perikan. Sambutan dari dekan Fakultas Pertanian prof Dr. Ir Triwibowo Yuwono mengawali acara kuliah umum ini. Beliau mengenalkan lebih dekat tentang berbagai kegiatan perkuliaan di kampus pertanian. Tak lama berselang kuliah umum dimulai yang di sampaikan oleh Dr.Ir Fadel Muhammad.
Kuliah umum dimulai dipandu oleh moderator Prof.Dr,Ir Rustadi, MSc. dari jurusan Perikanan. Tema dalam kuliah umum ini adalah “Road Map peningkatan Pembangunan Perikanan tahun 2009-2011” yang mana merupakan cermin target kementerian perikanan dan kelautan. Dr.Ir Fadel Muhammad tidak hanya menyinggung masalah pesisir namun beliau juga menyampaikan perikanan secara luas. Beliau memaparkan potensi-potensi yang dapat digali dari laut maupun darat Indonesia. Selian itu beliau mengharapkan potensi-potensi tersebut dapat dieksploitasi dengan bijak dan berkelanjutan.. Tak terkecuali beliau memaparkan berbagai program kerjanya dan targe-target yang ingin ia capai dalam kepemimpinannya di KKP. Keinginan beliau yaitu dapat bekerjasama dengan para akademisi untuk mensukseskan program kerja KKP. Selain memberikan kuliah beliau juga membuka sesi tanya jawab kepada mahasiswa. Banyak mahasiswa yang menyinggung masalah kemiskinan dan pembangunan pesisir. Ada juga yang menanyakan impor ikan dari luar negeri. Tak terkecuali masalah kelestarian lingkungan bawah laut yang terus dieksploitasisecara besar-besaran. Namun mantan gubernur Gorontalo itu dapat memberikan jawaban yang memuaskan bagi mahasiswa.
Kedatangan beliau sangat berarti bagi para mahasiswa dan semua peserta kuliah umum. Beliau memberikan wawasan yang luas tentang dunia perikanan khususnya di Indonesia dan menunjukkan kedekatannya dengan para mahasiswa.
Terimakasi Dr.Ir Fadel Muhammad



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar