WpMag

Rabu, 17 Juni 2015

MENATA HATI MELURUSKAN NIAT

 MENATA HATI MELURUSKAN NIAT

Bulan Ramadhan telah tiba. Manusia mulai berbondong-bondong menyiapkan segala keperluan. Pakaian, makanan hingga hal remeh temeh lain tak luput dari daftar yang ingin dibeli. Sebenarnya, ada hal lain yang lebih penting dari semua itu. Menata hati dan memantapkan diri untuk menyambut bulan suci adalah cara untuk mendekatkan diri kita kepadaNya.

Kini yang terjadi malah sebaliknya, kita disibukkan dengan berbagai agenda yang kadang jauh dari mendekatkan diri padaNya. Banyak dari kita, lebih fokus bekerja untuk menyambut hari raya. Memberikan banyak waktu  untuk menambah pundi-pundi rupiah. Memang bekerja tak dilarang, alangkah lebih baik disaat bekerja itulah kita selalu ingat padaNya, sehingga ada nilai ibadah dalam bekerja mencari dunia.

Sebenarnya yang perlu di perhatikan adalah kadang kala kita terjebak dengan pola hidup manusia modern. Sifat konsumtif membuat kita terlena dalam bulan Ramadhan. Kita seharusnya memfokuskan diri untuk ibadah, namun yang terjadi kita lebih fokus kerja dan sangat boros dalam membelanjakan uang.

Banyaknya iklan di TV memang sangat menarik untuk disimak. Iklan tentang ramadhan adalah salah satu trik marketing yang sangat ampuh di bulan puasa. Kita, kadang kala lupa bahhwa dalam setiap iklan yang ditampilkan itu hanyalah bumbu untuk menarik kita dalam pola hedonisme. Memaksa kita untuk menjadi manusia konsumtif. Seolah, apa yang ditampilkan di iklan adalah suatu produk yang baik dan perlu untuk dibeli. Banyaknya iklan di TV  membuat kita menjadi terlena, ada hal lain yang lebih penting ketimbang menuruti hidup konsumtif.


Marilah kita menata hati meluruskan niat untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Bekerja keras disertai niat untuk ibadah. Bekerja terus sembari menyandarkan segala usaha kepadaNya. Semoga kita bisa lebih mendekat padaNya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar