WpMag

Senin, 05 Maret 2012

MANAJEMEN DALAM MENGELOLA INDONESIA


MANAJEMEN DALAM MENGELOLA INDONESIA

Sering kali kita mengecam pemerintah yang kelihatan lelet dalam menghadapi setiap kasus yang datang dan menimpa bangsa. Seringkali kita jengkel pada pemerintah dan mengatakan sumpah serapah karena kemiskinan tak kunjung terentaskan. Sering kali kita (mahasiswa) sampai turun kejalan untuk melakukan demo mengingatkan pemerintah. Namun sebenarnya kenapa pemeintah selalu dikecam oleh rakyat mengenai berbagai kebijakannya. Sebenarnya apa sih yang salah mengenai pemerintah kita?
Saya sebagai seorang yang masih awam dan belajar mengenai Indonesia akan sedikit memberikan gambaran penyebab kebijakan pemerintah yang mungkin salah bagi kita. Aku pernah melihat dan mendengarkan dialog di salah satu stasiun TV. Menurut presenternya bahwasanya yang salah bukannya pemerintah atau rakyat, namun yang salah manajemen dan pengelolaannya. Sebenarnya menajemen itu apa? Dalam buku Manajen Agribisnis karangan W david Downey dan Steven P. Erickson  mendefinisikan Manajemen adalah suatu seni untuk mencapai hasil yang diinginkan secara gemilang dengan sumberdaya yang tersedia bagi organisasi. Jadi dari definisi ini, bahwa yang salah di Indonesia adalah manajemennya bukan pemerintah atau rakyatnya.
Lebih lanjut bahwa terdapat 3 poin penting dalam definisi manajemen. Yang pertama adalah manusia yang melaksanakan manajemen. Yang kedua adalah seni, sebab manajemen adalah seni bukan ilmu. Dan kata poin ketiga adalah berhasil.  Karena setiap manajem yang baik harus berhasil memenuhi sasaran atau hasil yang diinginkan.
Kalau begitu di titik manakah manajem yang salah dalam pemerintahan Indonesia?. lebih lanjut dalam buku  Agribisnis manajemen dijelaskan mengenai fungsi manajemen. Dalam buku tersebut dijelaskan adanya pemikiran aliran yang melukiskan manajemen sebagai 5P (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian dan pengorganisasia). Selain itu juga dapat ditambahkan pengkomunikasian dan pemotivasian.
·         Perencanaan mengurai penetapan program khusus untuk mencapai hasil yang diinginkan
·         Pengorganisasian mencakup pemaduan bagian-bagian organisasi agar cocok satu sama lain.
·         Pengarahan adalah daya upaya untuk menunjukkan jalan yang terbaik.
·         Pengkoordinasian menggambarkan usaha-usaha untuk memastikan bahwa organisasi bertautan dengan lancer.
·         Pengendalian berarti pemeriksaan atas tercapai tidaknya tujuan.
Jadi dalam konteks Negara sangat komplek sekali jika di lakukan pendekatan dengan system manajemen. Namun saya berasumsi bahwasanya yang paling krusial dalam penanganan masalah di Indonesia adalah pengorganisasian dan fungsinya. Kenapa pengorganisasian yang krusial. Karena kalau kita tengok kembali pengertian manajemen merupakan sebuah seni dalam mencapai hasil yang dilakukan oleh seorang manajer. Jadi yang sangat berperan adalah bagaimana manajer tersebut melakukan pendelegasian dalam setiap kebijakannya. Namun  pengorganisasian sangat dipengaruhi oleh berbagai aspek seperti perencanaan, pengarahan, dll.
Ada factor lain di luar konteks tersebut seperti factor luar yaitu bencana alam. Walaupun pemerintah telah melakukan manejemen yang baik, namun jika factor luar itu muncul maka hasilnya akan sangat berbeda dan tak terduga. Maka dari itu mengelola Negara sangat sulit dan diperlukan sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan dan focus serta pantang menyerah. Mungkin sedikit kata yang ingin aku sampaikan pada diriku sendiri dan semua orang “tidak usah kita mencari-cari kesalahan orang dan ambil himah dari setiap kejadian yang terjadi serta mari kita bangun Indonesia bersama-sam”.
 Sumber : Downey,S.D dan Erikson, S.P . 1988. Manajemen Agribisnis. Erlangga. Jakarta

2 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kementarnya...salam kenal juga dari mahasiswa perikanan UGM .... :D

      Hapus