WpMag

Jumat, 16 Maret 2012

Menengok Gunung Api Puba di Yogyakarta


Menengok Gunung Api Puba di Yogyakarta



Indonesia merupakan negara yang kaya akan gunung apinya. Indonesia dilewati dua sabuk gunung api. Berbagai gunung api mudah sekali ditemukan di pulau-pulau besar di Indonesia, apalagi pulau jawa. Pulau Jawa merupakan surganya gunung api. Mulai gunung Bromo dan semeru di Jawa Timur, gunung Merapi, Merbabu, Sumbing di Jawa tengah  maupun gunung galunggung di tanah Pasundan.
Mungkin sedikit orang tahu mengenai gunung api purba yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah gunung api purba yang terletak di Yogyakarta, tepatnya di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul. Gunung api purba ini biasa disebut dengan gunung Nglageran. Gunung Nglageran merupakan salah satu gunung api purba yang ada di Indonesia. Gunung Nglageran merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua, , berbentuk gunung batu raksasa yang membentang sepanjang kurang lebih 800 meter dengan tinggi mencapai 300 meter. Gunung Nglanggeran dinyatakan sebagai gunung api purba dari hasil penelitian dan refrensi yang ada. Sekitar 60-70 juta tahun yang lalu Gunung tersebut merupakan gunung berapi aktif. Beberapa foto dari gunung api Nglageran.
Kini gunung api purba Nglageran telah dijadikan objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berbagai fasilitas disiapkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan diatas gunung Nglageran. Kawasan gunung api purba Nglageran  dikelola secara mandiri oleh Karang Taruna “Bukit Putra Mandiri”, Desa Nglanggeran. Aktivitas yang dapat dilakukan yaitu jelajah alam mulai dari tracking menyusuri jalan setapak melewati pedesaan dan persawahan yang ada di kaki Gunung Nglanggeran, panjat tebing, atau mendaki hingga puncak.Jika ingin menuju ke objek wisata gunung purba Nglageran dapat melihat gambar peta dibawah ini
tidak hanya menikmati pemandangan diatas gunung api purba, namun banyak objek wisata yang dapat dikunjungi didaerah gunung api purba ini. Beberapa objek wsata yang dapat dinikmati di daerah gunung api purba ini meliputi gunung Kelir, sumber air comberan, gunung gedhe, tlogo wungu, talang kencono, dll. Gambar peta objek wisata di gunung api purba ini dapat dilihat dibawah ini.
Kita mungkin sering berliburan di pantai, menikmati omak. Kita mungkin sering jelajah alam dan naik gunung. Namun untuk yang satu ini, mungkin menjadi rekomendasi dari penulis kepada pembaca untuk sekedar menengok saksi sejarah gunung Api di Indonesia. jika kita pernah mendaki merapi, merbabu, semuru, alangkah baiknya untuk mendaki gunung api purba Nglageran. So, “jas Merah”. Jangan sekali-kali melupakan sejarah…..hehehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar